Kamis, 11 Oktober 2012

FUEL PUMP VOLVO 740 - (SUARA NGOROK VOLVO 740)

Fuel Pump (Pompa Bahan Bakar) merupakan komponen utama pada kendaraan roda 4. Banyak kendaraan bermasalah yang diakibatkan oleh tidak berfungsinya fuel pump ini. 

Pengalaman pada mobil Volvo seri 740 GLE, yang ditimbulkan akibat kinerja fuel pump adalah suara ngorok pompa. karena pada mobil ini ada 2 buah fuel pump posisinya terletak di tangki dan di bawah jok depan penumpang. Semakin kuat suara ngorok pompa akan berakibat mobil tidak berjalan normal. 

Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah lemahnya Pompa, baik yang di tangki ataupun yang di depan, juga bisa diakibatkan dari saluran selang bensin  pompa tersumbat, atau konektor elektrical terganggu.

Tentunya biaya yang dikeluarkan cukup banyak untuk perbaikan tersebut.

Salah satu penyebab juga bisa diakibatkan kinerja Relay Fuel Pump tidak maksimal, ciri-cirinya apabila temperatur tinggi (bukan over heat) akibat jalanan macet, maka suara fuel pump akan keluar suara ngorok.  




Untuk Relay Fuel Pump sebenarnya masih bisa di perbaiki, yaitu dengan mengganti 3 komponen aktif pada rangkaian elektronik Relay.

Posisi penyimpanan Relay ini ada di belakang asbak rokok. Tidak ada salahnya bila kita mencoba untuk memperbaiki sendiri Relay tersebut, dengan biaya yang dikeluarkan lebih efisien,

Selamat mencoba
Salam Volvo

0 komentar:

Posting Komentar